Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Selama Ramadhan 1442 H

Di tahun 2021 ini bulan Ramadhan 1442 H sudah ditetapkan dan jatuh pada hari selasa, 13 April 2021. Hal tersebut disampaikan berdasarkan keputusan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada saat telekonferensi pers yang dilakukan setelah Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442 H yang bertepatan di gedung Auditorium HM Rasjidi tepatnya di Kantor Kementerian Agama yang berada di Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Keputusan yang diambil secara mufakat sudah disepakati oleh para peserta Sidang Isbat yang disebutkan bahwa 1 Ramadhan jatuh di hari Selasa, 13 April 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Agama di Jakarta pada hari Senin, 12 April 2021. Adapun menurut Kementrian Agama kesepakatan tersebut diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil pemantauan hilal dan memperhatikan perhitungan hisab atau astronomis yang keduanya saling memperkuat.

Menurut astronomis pada saat hari pelaksanaan rukyat tanggal 12 April 2021 ketika matahari terbenam, posisi hilal yang ada diseluruh wilayah Indonesia sudah berada di atas ufuk yang berada di antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat dan 36 menit. Selanjutnya data astronomis atau hisab tersebut dikonfirmasikan melalui rukyatul hilal yang pada saat itu dilakukan tepat di 88 titik yang ada di provinsi Indonesia.

Berdasarkan informasi yang disampaikan dari Menteri Agama bahwa ada 13 petugas rukyat yang menyampaikan mengenai kesaksiannya di bawah sumpah hakim Pengadilan Agama setempat dan mereka melihat hilal. Oleh karena itu dengan adanya kedua hal tadi yaitu dengan mengetahui posisi hilal dan mendengarkan kesaksian petugas, maka disebutkan bahwa seluruh peserta sidang isbat tersebut bersepakat secara mufakat bahwa untuk 1 Ramadhan 1442 H dijatuhkan pada hari Selasa 13 April 2021

Untuk jadwal imsakiyah Ramadhan 2021 ini ditujukan untuk beberapa kota besar yang terdiri dari wilayah Jakarta, Semarang, Jogja, Surabaya, Makasar, Padang, dan Purwokerto. Jadwal imsakiyah tersebut dapat memberikan informasi mengenai kapan dimulainya berpuasa maupun diperbolehkannya melakukan buka puasa.

Selain jadwal imsakiyah, tersedia juga jadwal waktu sholat lima waktu yang dapat membantu menyesuaikan ketepatan kapan tibanya waktu sholat lima waktu selama bulan ramadhan. Untuk mengetahui rincian jadwal imsak dan sholat lima waktu selama bulan Ramadhan 1442 H secara detailnya, jadwal dapat dilihat melalui gambar yang tersedia. Berikut jadwal solat dan imsakiah untuk beberapa kota besar di Indonesia :

1. Kota Jakarta

Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Selama Ramadhan 1442 H Jakarta

DOWNLOAD JADWAL

2. Kota Purwokerto

3. Kota Semarang

4. Kota Yogyakarta

5. Kota Surabaya

6. Kota Makassar

7. Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *