Syarat Tumbuh Pohon Kina

Syarat Tumbuh Pohon KinaTumbuhan kina adalah tanaman yang berasal dari hutan hutan amerika serikat yang telah dikenal lama sebagai tanaman obat. Manfaat obat dari tanaman kina ini diambil dari kulitnya yang banyak mengandung alkaloid-alkaloid. Kegunaan kandungan alkaloid pada tumbuhan kina adalah dapat digunakan untuk obat penyakit jantung dan obat penyakit malaria. 

Syarat Tumbuh Pohon Kina

Produksi pohon kina itu sendiri terdapat dua spesies penting yaitu kina spesies C. ledgriana yang dipakai sebagai bahan tanaman batang atas dan kina spesies C. succirubra yang digunakan sebagai batang bawah. Budidaya tanaman kina ini dapat dengan cara stek sambung batang atas dan bawah.

Selain itu dengan cara melakukan pembibitan diawal dengan metode stek sambung, kemudian siapkan media lahan dan lakukan pemupukan lahan, setelah semua siap langkah berikutnya lakukan penanaman. Untuk menghindari penguapan yang berlebihan, masa penanaman Kina dapat dilakukan pada awal musim hujan dan untuk masa panen dapat dilakukan saat musim kemarau.

Syarat Tumbuh Pohon kina :

Pemanfaat kina saat ini semakin berkembang hingga dapat digunakan sebagai obat anti kejang, sebagai katalis yang efektif, kosmetika, serta dapat juga untuk industri minuman. Namun dalam budidaya tanaman kina ini ada beberapa syarat tumbuh yang baik dan benar dengan iklim yang cocok pula. Berikut syarat tumbuhnya, antara lain :

  • Tanaman kina cenderung membutuhkan penyinaran matahari yang tidak terlalu terik atau terkena sinar matahari secara langsung
  • Dapat tumbuh dengan baik pada temperature antara 13.5 hingga 21 derajat celcius
  • Cocok pada daerah beriklim lembab dengan kelembaban relatif harian minimum 68% dan 97% dalam satu tahun
  • Cuaca yang tidak baik seperti angin kencang dapat menyebabkan kerusakan banyak seperti gugurnya daun dan patahnya cabang cabang tanaman
  • Lokasi budidaya kina yang ideal adalah memiliki curah hujan tahunan yang merata dengan nilai 2.000 sampai 3.000 mm per tahun.

Media Tanam Kina

  • Kondisi tanah yang tepat untuk tanaman kina adalah tanah yang banyak mengandung bahan organik, tidak berbatu, tidak bercadas, gembur dan subur.
  • Nilai derajat keasaman (pH) tanah antara 4.6 hingga 6.5 dengan pH optimum 5.8
  • Tempat yang cocok untuk budidaya tanaman kina adalah daerah dengan ketinggian optimum 1.400 – 1.700 mdpl. Di pegunungan andes atau daerah asalnya, tanaman kina ini tumbuh pada ketinggian 1.050 – 1.500 mdpl. Sedangkan di Indonesia tanaman ini banyak terdapat di daerah dengan ketinggian 800 – 2.000 mdpl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *