Jenis Alat Kesehatan dan Fungsinya

Jenis Alat Kesehatan dan Fungsinya Alat kesehatan berfungsi untuk membantu anda memantau kesehatan secara rutin. Selain itu, alat kesehatan juga dapat mengantisipasi terjadinya kondisi yang dapat berakibat fatal.

Jenis Alat Kesehatan Standar di Rumah

Luka atau cedera bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, untuk itu dirumah juga diperlukan adanya alat kesehatan untuk mencegah jika ada kecelakaan yang menyebabkan terjadinya luka atau cedera. Luka ataupun cedera yang terjadi dirumah biasanya berupa luka bakar,gigitan serangga, keseleo, ataupun terkena benda tajam.

Untuk itu, kita perlu mengantisipasinya dengan menyediakan alat kesehatan beserta obat-obatan di rumah, seperti :

  • Kain kasa, plester ataupun perban untuk menutup luka jika terkena goresan atau apapun yang menyebabkan kulit terluka.
  • Gunting, yang dapat digunakan sebagai media untuk memotong kain kasa, perban, ataupun plester.
  • Pinset, yang digunakan untuk mengambil serpihan kecil yang yang menancap kulit atau benda yang tidak sengaja masuk ke lubang telinga dan hidung.
  • Sarung tangan medis yang biasanya terbuat dari lateks untuk APD, sarung tangan ini berfungsi untuk membersihkan luka dan mencegah luka yang terkena infeksi.
  • Termometer yang dapat digunakan untuk mengukur suhu.

Selain alat-alat kesehatan, kita juga bisa melengkapinya menggunakan beberapa jenis obat-obatan, seperti :

  • Obat batuk
  • Obat anti nyeri dan peredam demam seperti paracetamol
  • Obat untuk meredakan gejala alergi seperti antihistamin
  • Larutan antiseptik untuk membersihkan luka seperti povidone iodine dan cairan alkohol.

Jenis Alat Kesehatan Untuk Kondisi yang Lebih Darurat

Selain alat kesehatan standar seperti di atas, adapun alat kesehatan yang perlu dipersiapkan secara khusus lagi untuk sebagian orang yang memiliki kondisi atau penyakit tertentu. Untuk itu, lebih baik mempersiapkan beberapa jenis alat kesehatan seperti :

1. Inhaler dan nebulizer

Ini merupakan alat kesehatan yang memiliki kegunaan sebagai media untuk menyalurkan obat-obatan melalui saluran pernafasan. Cara penggunaan alat ini yaitu dengan cara kita menghirupnya. Untuk para penderita penyakit asma, alat kesehatan ini harus tersedia dirumah karena hampir setiap waktu dibutuhkan.

2. Alat tes gula darah

Alat ini disarankan agar selalu tersedia untuk para penderita diabetes khususnya. Bagi penderita diabetes sebaiknya rutin menggunakan obat diabetes seperti suntikan insulin. Alat kesehatan ini di desain dalam bentuk mesin kecil tanpa kabel yang menggunakan baterai serta sudah dilengkapi dengan jarum kecil steril yang digunakan untuk pengambilan sampel darah, beserta strip untuk menampung sampel darah. Sehingga dengan menggunakan alat ini, kita bisa melakukan pemeriksaan kadar gula darah dimanapun.

3. Tensimeter

Alat kesehatan yang satu ini memiliki kegunaan untuk mengukur tekanan darah pada manusia. bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, alat ini sangat penting untuk tersedia dirumah. Jadi dengan adanya alat ukur tekanan darah ini, kita dapat memonitor tekanan darah kita setiap saat, tanpa perlu repot ke puskesmas atau klinik dokter. Selain itu, tensimeter juga memiliki kegunaan sebagai alat yang dapat memantau pengobatan hipertensi yang diberikan oleh dokter sudah efektif dalam mengontrol tekanan darah.

4. Pulse Oximeter

Alat ini berfungsi untuk mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah. Bagi penderita penyakit tertentu seperti  asma, PPOK, stroke, atau penyakit jantung, alat ini wajib tersedia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Pulse Oximeter ada beberapa macamnya, namun untuk jenis pulse oxim.

5. Tabung Oksigen

Pada umumnya tabung oksigen digunakan oleh para penderita penyakit kronis seperti asma, PPOK, stroke, dan gagal jantung sebagai media untuk terapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *