Jenis Anggur yang Dibudidayakan

Jenis Anggur yang Dibudidayakan – anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah buahan yang banyak digemari dan mudah ditemukan di berbagai negara bahkan hampir di seluruh dunia.  Dengan rasanya yang manis dan legit membuat banyak orang menyukainya. Selain banyak yang menyukai karena rasanya, anggur juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Bahasa latin buah anggur dikenal dengan Vitis vinefera atau vitis labrusca dan digolongkan dalam keluarga vitaceae. Dipercaya berasal dari kawasan selatan, antara laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia kecil. Di Timur Tengah, sejak tahun 4000 SM tanaman buah anggur telah banyak dibudidayakan dan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir, mulai diproduksi menjadi minuman.

Jenis Buah Anggur yang Dibudidayakan

Sekitar tahun 1682-an anggur mulai dikenal di indonesia dan mulai banyak dibudidaya di daerah banyuwangi dan besuki. Di Probolinggo sendiri mulai terkenal anggur jenis biru (ungu) dan putih pada tahun 1899. Dan berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo super dan Prabu Bestari pada tahun 2002-an.

Olahan buah anggur yang banyak masyarakat ketahui adalah salah satunya kismis. Buah anggur kering atau kismis tersebut diyakini memiliki kadar gula sekitar 60% serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Sehingga membuat banyak para ahli gizi dan pakar medis merekomendasikan buah anggur mampu memenuhi asupan gizi penting bagi tubuh dan menjadi makanan kaya khasiat yang dihasilkan.

Orang yang mengonsumsi anggur dan kismis dipercaya dapat memperoleh energi yang kuat bagi aktivitas fisik dan otak mereka. Karena sistem buah anggur yang ketika dikonsumsi mudah diserap tubuh dengan mudah dan masuk ke aliran darah dengan baik.

Klarifikasi Tanaman Anggur :

Kingdom :Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Class :Magnoliopisda
Ordo:Vitales
Family:Vitaceae
Genus :Vitis, L
Spesies :Vitis Vinefera

Jenis jenis Buah Anggur

Dengan rasa istimewa dan berkesan mahal, menyebabkan buah anggur sudah dikenal sejak lama. Dengan berbagai warna kulit buah yang beragam ada yang berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan, atau ungu mengungkapkan bahwa jenis buah anggur memang cukup banyak dan setiap jenisnya mempunyai kegunaan masing masing. diantaranya anggur untuk buah meja, minuman (wine), kismis dan sari buah anggur atau selai.

Ada dua jenis anggur yang biasa masyarakat konsumsi, yaitu jenis anggur Vitis vinefera dan Vitis labrusca. Tanaman anggur yang banyak dibudidayakan dan terkenal dikalangan masyarakat adalah jenis Vitis cinefera. Setiap jenis anggur memiliki cirinya masing masing :

Ciri-ciri anggur spesies vitis vinefera :

  • Mengandung banyak air dan memiliki kulit tipis dengan daging buah yang manis.
  • Berwarna merah atau hijau tergantung varietasnya. Memiliki bentuk ada yang jorong jorong kesamping atau memanjang dan adapula yang bulat bulat telur.
  • Contoh anggur yang termasuk dalam jenis ini yaitu anggur situbondo kuning, anggur probolinggo biru dan putih.
  • Dapat digunakan untuk pembuatan minuman segar dan dapat pula dikonsumsi secara langsung.
  • Dalam iklim kering dan diwilayah dengan ketinggian 1-300 mdpl buah ini dapat bertumbuh subuh.

Ciri-ciri anggur spesies vitis labrusca :

  • Diwilayah dengan ketinggian 1-900 mdpl, tanaman anggur jenis ini dapat bertumbuh subur.
  • Buah anggur yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu isabella, briliant, carman, beacon, dan delaware.
  • Banyak digunakan untuk pembuatan minuman anggur dan jus.
  • Memiliki rasa yang masam dan kurang segar di mulut, dengan daging yang lebih tebal.

Kandungan Nutrisi Buah Anggur Dalam 100 Gram

Kandungan NutrisiJumlah
Energi288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat18,1 gram
Gula15,48 gram
Serat pangan0,9 gram
Lemak0,16 gram
Protein0,72 gram
Vitamin B1 (Thiamin)0,069 mg
Vitamin B2 (Riboflavin)0,07mg
Vitamin B3 (Niacin)0,188 mg
Vitamin B5 (Asam Pantothenat)0,05
Vitamin B6 (Piridoksin)0,086 mg
Vitamin B9 (Asam folat)2 μg
Vitamin C10,8 mg
Vitamin K22 μg
Kalsium10 mg
Zat besi0,36 mg
Magnesium7 mg
Mangan0,071 mg
Fosfor20 mg
Natrium3,02 mg
Seng0,07

Jenis Anggur yang Dibudidayakan

Di indonesia sendiri terdapat kota, sebagai penghasil anggur yang baik yaitu di kota Probolinggo. Selain Perancis yang telah dikenal sebagai negara penghasil anggur terbaik di dunia. Selain di daerah probolinggo, Indonesia juga memiliki daerah yang telah banyak ditanam dan membudidayakan buah anggur yang baik dan bermutu yaitu daerah Ujungpandang, Nusa Tenggara Timur dan Tapanuli. Beberapa varietas buah anggur yang banyak beredar di kalangan masyarakat antara lain :

1. Anggur Bali

Anggur bali adalah salah satu buah anggur unggulan yang memiliki warna gelap ungu hitam dengan kulit buah yang tebal. Daging buah yang lunak dengan rasa manis dan berbiji, serta memiliki bentuk bundar dengan panjang 18,54 mm, dan berukuran medium (sedang).

Anggur ini banyak ditanam di indonesia daerah Buleleng, Banyupoh diwilayah Singaraja sejak tahun 1974. Anggur bali ini dikategorikan sebagai anggur meja karena banyak disajikan dalam bentuk buah segar tidak untuk bahan minuman. Memiliki berat 1 tandan buah berkisar 180 gram dan tergolong sangat rapat buahnya

2. Anggur Probolinggo Super

Varian Super ini memiliki bentuk elips memanjang dan warna kulit merah dengan rasa daging buahnya yang manis dan segar. Jenis Super ini sering disajikan dalam bentuk segar sebagai buah meja. Buah anggur varian ini juga sangat rapat dengan berat 1 tandan buah berkisar 295 gram.

3. Anggur Prabu Bestari

Anggur Prabu Bestari merupakan buah anggur berbentuk lonjong kecil yang banyak dibudidaya di Indonesia, memiliki rasa yang manis dan segar dengan kadar air yang cukup tinggi (±47,77%) serta kadar gulanya berkisar 20% dan sedikit rasa asam 1,9%. Pada tahun 1986, buah anggur varian ini merupakan tanaman Instroduksi dari Australia.

Cocok disajikan dalam bentuk segar, dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, berkisar 23,33 mg/100 g. Buah anggur Prabu Bestari ini juga memiliki kandungan resveratrol mencapai 1,5-3mg/l, sehingga warna kulit merah tua sampai ungu hitam.

4. Anggur Kediri Kuning

Tanaman yang banyak ditanam dan dijadikan sebagai perkebunan buah pekarangan di sebagian daerah di Kediri, jawa timur, sehingga terkenal sebagai buah anggur Kediri Kuning. Buah ini tergolong rapat dengan berat tiap 1 tandan mencapai 300,83 gram. Warna kulit buah hijau kekuningan dengan bentuk buah elips dan rasa yang asam manis.

5. Jestro Ag60

Varian anggur jenis Jaestro Ag60 ini memiliki keunggulan sebagai anggur seedless atau tanpa biji, dengan jumlah biji ditiap buahnya 0-1 biji saja. Buah anggur Jaestro Ag60 ini berbentuk bundar agak lonjong dengan panjang buahnya sekitar 15,66 mm. Tekstur buahnya krispi dengan rasanya yang manis segar dan berwarna ungu kehitaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *