Jenis Termometer dan Cara Memakainya

Jenis Termometer dan Cara Memakainya – Ketika kita akan mengukur suhu benda atau tubuh maka kita akan menggunakan alat termometer, seperti yang kita ketahui bahwa termometer memang merupakan alat pengukur suhu. Namun tentunya termometer yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh berbeda dengan yang untuk mengukur suhu benda.

Jenis Termometer dan Cara Memakainya

Karenanya ada beberapa jenis termometer yang umum digunakan, setiap jenis termometer tentu mempunyai cara penggunaan yang berbeda meskipun pada dasarnya sama. Seiring perkembangan zaman juga membuat termometer yang ada sekarang semakin canggih dengan tingkat akurasi pengukuran yang semakin baik.

Jenis Termometer dan Cara Memakainya

Termometer sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenis dan kegunaannya, namun disini kita akan menjelaskan tentang 4 jenis termometer yang paling umum digunakan. Berikut ini adalah 4 jenis termometer yang paling banyak digunakan :

1. Termometer air raksa

Jenis termometer air raksa adalah jenis yang paling umum dan banyak digunakan, dengan titik didih 100ºC termometer ini dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh hingga air yang mendidih. Bila ingin digunakan untuk mengukur suhu tubuh maka cukup selipkan termometer ini ke dalam mulut atau di ketiak kita.

Setelah beberapa saat maka butiran air raksa ini akan bergerak ke ruang kosong dalam tabung dan berhenti pada skala tertentu. Angka inilah yang menunjukkan suhu tubuh seseorang. Namun tabung termometer jenis ini yang rentan pecah dan kandungan merkuri dalam air raksa yang berbahaya membuat jenis termometer ini perlahan mulai ditinggalkan.

2. Termometer digital

Termometer digital adalah jenis termometer terbaru yang dapat menampilkan suhu tubuh dalam bentuk digital pada layar LCD-nya. Pemakaian termometer jenis ini sama halnya dengan cara memakai termometer air raksa, selain mulut dan ketiak, termometer ini juga dapat diselipkan di anus untuk mengukur suhu tubuh. Namun tentunya jenis termometer digital yang digunakan di mulut dan ketiak akan berbeda dengan yang digunakan di anus. Setelah dibiarkan beberapa menit termometer ini akan menampilkan suhu tubuh dalam bentuk angka digital.

3. Termometer empeng digital

Sama halnya dengan termometer digital, termometer empeng digital dibuat untuk mengukur suhu bayi atau anak kecil. Seperti namanya, termometer ini memang dibuat seperti empeng atau dot bayi. Cara menggunakannya adalah cukup dengan memasukkan termometer ini ke dalam mulut bayi dan biarkan selama beberapa menit. Hasil pengukuran suhu akan ditampilkan pada layar termometer ini dalam bentuk angka digital.

4. Termometer inframerah

Belakangan ini sejak pandemi virus covid-19, termometer inframerah mulai banyak digunakan. Tidak hanya di kalangan medis saja, namun perkantoran, objek wisata maupun tempat-tempat yang dikunjungi orang banyak mulai menggunakan termometer inframerah. Termometer inframerah ini digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang tanpa menyentuhnya, meski begitu termometer inframerah juga ada jenis yang digunakan untuk kalangan industri.

Cara penggunaan termometer ini baik untuk tubuh maupun pengukuran suhu benda adalah sama, yaitu cukup dengan mengaktifkan termometer dan menekan tombol tembak pada termometer. Setelah itu akan muncul sinar laser dan arahkan sinar ini pada objek yang akan diukur. Bila objek yang diukur adalah manusia mungkin kita bisa berada pada jarak yang cukup dekat, namun bila objek tersebut sangat panas maka kita harus mengukurnya pada jarak tertentu. Tahan selama beberapa saat hingga termometer menunjukkan angka yang stabil dalam pengukuran suhu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *