Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan – Pada zaman Yunani Kuno, buah dengan bentuk yang bundar rasanya manis ini hanya dihidangkan untuk kaum raja-raja dan bangsawan. Buah anggur ini sudah bisa dibeli di pasar dengan harga yang terjangkau padahal buah ini dulu dikenal sebagai buah yang mewah. Apa aja sih manfaat anggur untuk kesehatan?

anggur

Manfaat Buah Anggur Untuk kesehatan

Buah bulat manis ini memiliki kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi bagi kesehatan. Dengan memakan rutin buah ini ternyata baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut beragam manfaat anggur yang sayang untuk dilewatkan antara lain :

1. Mencegah kanker

Salah satu kematian terbanyak di dunia disebabkan oleh penyakit kanker. Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa buah anggur memiliki kandungan resveratrol atau sejenis antioksidan yang mampu membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dengan kandungan resveratrol dalam buah ini dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor serta kanker. Paling utama yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, serta getah bening.

Selain itu, resveratol dalam buah ini juga baik untuk mengusir radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi sinar UVA dan UVB berisiko menyebabkan kanker kulit. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dengan cangkupan yang lebih luas untuk memastikan manfaat anggur satu ini.

2. Menjaga kesehatan jantung

Anggur mengandung flavonoid yang dinamakan rutin. Darah dalam tubuh dapat mengalami pembekuan pada kondisi tertentu. Kandungan rutin dalam buah anggur memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan ini dengan menghambatnya. Selain itu, kandungan rutin ini juga mampu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

3. Melawan penuaan dini

Buah anggur juga banyak kandungan antioksidan lainnya seperti quaercetin dan rutin. Zat antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, dan juga gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang menjadi penyebab penuaan dini. Tanda-tanyanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

4. Menjaga kesehatan otak

Manfaat anggur juga bisa dirasakan oleh otak. Karena resveratrol dalam buah dapat memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah sangat dibutuhkan oleh otak sebagai sumber oksigen serta zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman telah membuktikan bahwa revestratrol dapat membantu memperkuat daya ingat manusia.

5. Meredakan gejala alergi dan peradangan

Peradangan merupakan reaksi tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, infeksi virus dan bakteri, dan juga bahan kimia beracun. Manfaat buah anggur juga bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin.

Untuk membantu meringankan gejala peradangan dapat mengkonsumsi buah anggur, entah itu karena terkena penyakit arthritis, radang gusi, radang usus, radang kulit, atau radang pada jantung (miokarditis). Buah anggur ini memiliki sifat antihistamin yang bisa membantu meringankan gejala alergi.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Anggur berwarna merah memiliki kandungan resveratrol dan saponin didalamnya sehingga bisa menjadi cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi. Zat resveratrol dan saponin ini mampu menangkap kelebihan kolesterol yang ada dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol pun tetap seimbang.

Apabila kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan tubuh dari penyakit seperti obesitas serta penyakit jantung. Telah dilakukan penelitian terhadap hewan menemukan bahwa resveratrol tidak hanya mengurangi kadar trigliserida dalam darah, tapi juga membantu menekan kolesterol saja.

7. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, buah anggur juga memiliki manfaat yang baik untuk mata. Buah ini memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, merupakan dua karotenoid yang memiliki sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata. Kandungan lutein dan nzeaxanthin ini mampu membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget serta membantu melindungi sel-sel mata.
Studi menjumpai bahwa lutein dan zeaxnthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat anggur satu ini.

8. Mengendalikan gula darah

Tambahkan buah anggur dalam menu diet apabila ingin mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah studi telah menemukan bahwa senyawa ini dapat mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin bagi orang dengan diabetes. Kandungan resveratol sangat bermanfaat karena peneliti meyakini bahwa resveratrol mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mencegah tubuh terpapar obesitas.

Selain itu resveratrol juga mampu mencegah terjadinya kondisi resisten insulin, keadaan tubuh tidak mampu mencerna gula darah, sehingga mampu memicu tubuh terserang diabetes. Untuk yang bertanya-tanya tentang kandungan gula dalam buah ini, jangan khawatir. Faktanya, anggur masuk kedalam salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak akan menyebabkan gula darah melonjak secara tiba-tiba.

Meskipun begitu, tetap harus memerhatikan porsi ketika mengonsumsi buah ini. Konsumsilah buah ini secukupnya, yaitu tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Para ahli juga menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi buah ini secara langsung dalam keadaan segar ketimbang dibuat jus.

9. Membantu menurukan berat badan

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Buah Anggur dapat dijadikan sebagai camilan diet yang enak jika sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal. Per 100 gram buah anggur hanya mengandung 69 kalori. Selain itu, anggur juga tinggi antioksidan resveratrol yang melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Meski begitu, pastikan konsumsi buah ini secukupnya. Lebih baik lagi jika mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *