Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur – Tanaman Anggur termasuk ke dalam famili Vitaceae. Tanaman anggur biasanya kita kenal sebagai tanaman perdu menjalar. Buah anggur merupakan buah paling dikenal di tengah masyarakat karena buah ini dapat diolah menjadi jus, jelly, minuman olahan, minyak, kismis, dan buah siap konsumsi.

Tanaman anggur sudah mulai ditanaman di Timur Tengah sejak tahun 4000 SM. Dan pada tahun 2500 SM manusia mesir menemukan pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah buah anggur menjadi minuman baru. Seiring ditemukannya pengetahuan dan keterampilan maka persebaran tanaman anggur mampu meluas ke berbagai penjuru dunia. Salah satu negara yang dapat melakukan budidaya tanaman anggur yaitu Indonesia.

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Tanaman anggur memiliki akar tunggang yang dapat menembus tanah sejauh 30 sampai 60 cm. Batang tanaman anggur termasuk batang berkayu yang memiliki bentuk bulat memanjang dengan diameter 2 sampai 5 cm. Daun tanaman anggur merupakan daun tunggal yang mempunyai beberapa helai daun yang berselang-seling. Bunga tanaman anggur berbentuk malai.

Buah anggur berbentuk seperti bola dengan diameter 2 sampai 4 cm. Warna buah anggur sangat banyak tergantung jenis tanamannya, mulai dari ungu, hijau, dan juga merah. Biji tanaman anggur termasuk kedalam tanaman biji berkeping dua. Tanaman anggur merupakan salah satu tanaman yang digemari oleh masyarakat yang ditanam di halaman rumah, meskipun demikian tanaman ini biasanya dibudidayakan pada sebidang tanah yang luas.

Mayoritas orang menanam tanaman anggur di pekarangan rumahnya dengan pertimbangan harga jual buah anggur di pasar tidak murah dan beragam bagian dari tanaman anggur kaya manfaat.

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Apabila Anda akan menanam tanaman anggur pastikan syarat tumbuh tanaman anggur terpenuhi dengan baik sehingga tidak akan menemui kesulitan saat menanam. Tujuan perusahaan menanam tanaman anggur yaitu untuk memperoleh keuntungan besar atas penjualannya di pasar, sedangkan tujuan seseorang menanam tanaman anggur yaitu untuk menekan anggaran belanja buah anggur di pasar. Berikut beberapa persyaratan tanaman anggur antara lain :

1. Tanah

Tanah merupakan syarat paling utama tumbuh tanaman anggur yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk menanam tanaman anggur. Tanaman dapat tumbuh serta berkembang dengan baik apabila tanah sebagai media tanam utamanya sesuai dengan tanaman tersebut.

Tanah yang sesuai untuk menunjang tumbuh tanaman anggur yakni tanah lempung berpasir, gembur, serta banyak akan humus.
Tingkat keasaman tanah (pH) yang cocok untuk menunjang tumbuhnya tanaman anggur berkisar antara 6 sampai 7. Tanah yang cocok untuk ditanami tanaman anggur merupakan tanah yang datar, bukan tanah yang melengkung dan bergelombang.

2. Iklim

Tanaman anggur mampu tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim tropis maupun subtropis, namun pertumbuhan tanaman anggur dapat maksimal jika ditanam di daerah beriklim tropis. Pada curah hujan 800 mm/tahun maka tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik. Kondisi lingkungan yang bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur adalah rerata kecepatan angin yang tidak terlalu kencang.

Musim kemarau merupakan musim terbaik untuk menanam tanaman anggur dengan durasi antara 4 sampai 7 bulan. Tanaman anggur membutuhkan penyinaran matahari sepanjang hari yang berarti intensitas penyinaran yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhannya minimal 50 persen.

3. Ketinggian Tempat

Selama masa pertumbuhan ketinggian tempat menentukan intensitas penyinaran matahari yang akan diterima oleh tanaman anggur. Tanaman anggur dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai 650 mdpl dan pesisir pantai dengan ketinggian 300 sampai 800 mdpl.

4. Suhu dan Kelembaban Udara

Suatu tanaman akan berdiri dengan kuat apabila suhu di sekeliling tanaman tersebut tidak panas berlebih dan tidak terlalu dingin. Suhu yang cocok dengan karakteristik tanaman anggur berkisar antara 30 sampai 320 derajat Celcius. Kelembaban udara yang cocok dengan karakteristik tanaman anggur adalah 80 persen.

5. Media Tanam

Pembahasan ini sebenarnya sudah disinggung dalam tanah (syarat tumbuh tanaman anggur nomor satu), meskipun demikian media tanam yang dimaksud di sini adalah media tanam penunjang.

Bedengan merupakan media tanam penunjang pertama yang wajib disiapkan dengan panjang mengikuti bentuk tanah, lebar 150 cm, dan tinggi 50 cm. Pupuk urea dengan proporsi 15 kg per tanaman harus diberikan secara rutin ketanaman anggur. Pemupukan rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Media tanam penunjang kedua yaitu campuran tanah, pupuk kandang, serta pasir dengan proporsi masing-masing 1:2:1. Selama proses pertumbuhannya tanaman anggur perlu mendapatkan perawatan. Media tanam berupa cara penyulaman, penjarangan, penyiraman, serta penyiangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *