Melawan Virus Corona Dengan Antibiotik

Melawan Virus Corona Dengan AntibiotikBanyak sekali berbagai kalangan masyarakat yang mempertanyakan mengenai pengobatan covid-19 yang saat ini sudah resmi menjadi berita yang mendunia. Hingga sampai terdengar kabar bahwa antibiotik diduga dapat mengobati virus corona. Lalu bagaimana pernyataan sebenarnya? Simak pembahasan berikut ini.

Melawan Virus Corona Dengan Antibiotik

Melawan Virus Corona Dengan Antibiotik

Virus corona merupakan sebuah virus yang menginfeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh corona atau disebut dengan nama lain secara resmi yaitu SARS-CoV-2. Pada umumnya penularan virus corona ini terjadi melalui percikan air liur penderita yang mengalami positif covid-19 pada saat melakukan bersin, batuk, ataupun pada saat sedang berbicara.

Namun dalam hal lain, antibiotik merupakan obat  yang digunakan untuk mengatasi sebuah infeksi yang disebabkan karena adanya bakteri. Obat antibiotik ini memiliki kegunaan sebagai pembunuh kuman atau menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalam tubuh

Lalu apakah virus corona dapat dilawan dengan menggunakan antibiotik?

Perlu diketahui bahwa virus dan bakteri merupakan dua mikroorganisme yang berbeda.Perbedaan ini terletak pada struktur hingga cara perkembangbiakannya. Untuk antibiotik bekerja dengan cara menyerang struktur – struktur tertentu yang terdapat pada bakteri sehingga membuatnya tidak bisa berkembang biak dan bertahan hidup.

Sedangkan untuk struktur yang ditargetkan antibiotik ini tidak dapat diperoleh pada virus. Dengan demikian, hal tersebut tentunya virus corona jelas tidak dapat digunakan untuk mencegah bahkan mengobati virus covid dengan menggunakan antibiotik. Dengan begitu mengkonsumsi antibiotik tidak akan bermanfaat sebagai penekanan penyebaran virus corona.

Jika mengkonsumsi antibiotik pada suatu keadaan dimana tidak dibutuhkan justru dapat menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik. Dengan adanya hal ini tentu dapat merugikan pasien jika suatu saat terinfeksi bakteri dan tidak ada antibiotik yang ampuh untuk mengobatinya.

Pada pasien  yang terinfeksi virus corona, pemberian antibiotiknya juga dapat dilakukan hanya jika dokter menilai pasien tersebut berisiko terinfeksi virus corona yang sebenarnya mungkin terjadi. Akan tetapi dokter hanya akan menilai pasien beresiko terinfeksi bakteri atau apabila pasien tersebut diketahui mengalami penambahan infeksi oleh bakteri.

Hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang dapat digunakan dan terbukti mampu melawan infeksi virus corona dengan ampuh. Meskipun begitu namun para peneliti kini sedang berusaha untuk mengembangkan vaksin maupun obat yang dapat digunakan untuk mencegah ataupun mengobati virus covid-19 ini.

Ada hal yang paling penting untuk diterapkan saat ini yaitu melakukan tindakan pencegahan agar virus corona tidak menyebar dan resiko terjadinya infeksi dapat berkurang. Adapun caranya yaitu dengan melakukan cuci tangan secara teratur dengan menggunakan air bersih dan sabun, lakukan pencegahan dengan menjaga jarak setidaknya sekitar 1 meter dari orang yang sedang sakit, serta dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan prima.

Apabila sedang mengalami sakit batuk dan pilek sebaiknya dianjurkan untuk menggunakan masker dan hindari bepergian jauh untuk sementara waktu. Lalu selanjutnya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala tersebut. Jika sakit yang dirasakan tidak lekas membaik dalam jangka waktu kurang lebih satu minggu, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *