Manfaat Alkohol Bagi Tubuh

Manfaat Alkohol Bagi Tubuh – Alkohol dapat bermanfaat bagi tubuh apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Minuman beralkohol seperti red wine dianggap dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Sedangkan minuman beralkohol lainnya, bisa membuat seseorang menjadi rileks dan lebih mudah untuk bersosialisasi.

Manfaat Alkohol Bagi Tubuh

Minuman beralkohol memang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda apabila dikonsumsi secara berlebihan. Efek yang diterimanya selain membuat mabuk, dapat juga memicu berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, kerusakan hati hingga obesitas. Akan tetapi apabila diminum secukupnya, jarang orang tahu bahwa tubuh bisa mendapatkan manfaat alkohol tersebut.

Takaran minum dalam batas aman bagi orang yang terbiasa mengkonsumsi alkohol adalah dua gelas sehari untuk laki-laki dan satu gelas sehari untuk perempuan.  Untuk ukuran gelasnya sendiri biasanya satu gelas anggur atau wine berisi sekitar 150 ml dan satu gelas bir biasanya berisi sekitar 350 ml. 

Manfaat alkohol untuk tubuh

Untuk Anda yang tidak terbiasa minum alkohol dipertahankan kebiasaan baik ini. Karena masih banyak cara lain yang jauh lebih aman dan sehat untuk mendapatkan kelebihan yang serupa, meski dalam kadar tertentu alkohol bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang didapat untuk kesehatan Anda :

1. Meningkatkan kolesterol baik di tubuh

Dalam keadaan sehat dan tanpa memiliki riwayat penyakit lain, minum alkohol secukupnya dapat meningkatkan kadar kolesterol atau HDL baik di tubuh. Dengan meningkatnya kadar HDL dalam tubuh dapat mengurangi risiko terkena penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung.

2. Mengurangi lemak

Minuman beralkohol seperti red wine atau anggur merah, dianggap dapat menyingkirkan lemak di dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, pada minuman anggur merah ini mengandung polifenol. Kandungan polifenol merupakan suatu senyawa yang baik untuk penurunan berat badan. Jika dibandingkan dengan soda, kalori red wine juga tidak terlalu besar.

3. Mencegah pembentukan batu empedu

Mengonsumsi alkohol dengan jumlah terbatas dianggap bisa membantu mencegah terbentuknya batu empedu. Terbukti dapat menurunkan risiko batu empedu sebanyak 14% dengan mengkonsumsinya sekitar 15 ml setiap harinya

4. Mencegah demensia

Menurut beberapa penelitian, ada yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam batas tertentu dapat membantu mencegah gangguan kognitif lain seperti demensia. Akan tetapi, hasil penelitian tersebut tidak dapat sepenuhnya digunakan menjadi acuan, karena masih banyak uji coba penelitian lain dan menghasilkan kesimpulan berbeda.

5. Membuat Anda lebih rileks dan mudah bersosialisasi

Seseorang yang yang mengkonsumsi alkohol dengan batas cukup dinilai lebih mudah dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Orang-orang tersebut pun dianggap lebih mudah rileks dan tersenyum dalam bersosialisasi.

6. Meningkatkan gairah di ranjang

Menurut beberapa orang yang terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol, perempuan yang mengkonsumsi satu atau dua gelas anggur merah per hari akan lebih memiliki banyak gairah seksual.

Efek alkohol juga dapat meningkatkan hormon seks atau kadar testosteron pada laki-laki bisa dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Namun dapat membuat pria mengalami masalah seksual, seperti impotensi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

7. Mencegah diabetes 

Walaupun manfaat alkohol yang satu ini dianggap tidak tepat, namun berdasarkan penelitian perempuan yang mengkonsumsi alkohol per hari satu atau dua gelas dapat mengalami penurunan risiko terkena diabetes. Hal tersebut terjadi karena alkohol yang diminum dengan takaran yang cukup ternyata bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membuat kinerja menjadi lebih maksimal.

Bahaya alkohol

Selain mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tertentu memiliki manfaat, namun ada bahaya dari minuman beralkohol yang tak kalah nyata. Bahkan, apabila Anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah kecil tetapi dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan bahaya berupa kenaikan risiko kanker. 

Hal tersebut perlu dijadikan peringatan bahwa mengkonsumsi alkohol terus-menerus tidak akan mendapatkan dan meningkatkan manfaat bagi tubuh, tetapi justru menjadikan bahaya bagi tubuh. Berikut berbagai gangguan kesehatan akibat minum alkohol secara berlebihan, antara lain :

  • Gagal jantung
  • Gejala putus alkohol
  • Stroke
  • Kerusakan otak dan kecacatan lahir pada bayi di dalam kandungan
  • Peningkatan risiko kecelakaan dan keinginan bunuh diri
  • Kematian mendadak, terutama jika memiliki riwayat penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Pankreatitis atau radang pankreas
  • Kerusakan hati
  • Peningkatan risiko kanker payudara, mulut, esofagus, dan hati

Diharapkan Anda dapat lebih bijak dalam mengkonsumsi asupan alkohol, setelah mengetahui manfaat alkohol serta bahayanya. Berkonsultasilah dengan dokter, apabila Anda merasa tidak bisa menghentikan dan mengurangi kebiasaan minum alkohol berlebih. Hal tersebut tidak ada salahnya dilakukan sebelum adiksi atau kecanduan yang dirasakan berujung pada gangguan yang lebih parah lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *