Mengenal Adaptogen untuk Kecantikan Kulit

Mengenal Adaptogen untuk Kecantikan Kulit – Tentu sudah tidak asing lagi ditelinga Anda mengenai khasiat bahan alami bagi kecantikan. Bahan alami memang dipercaya mempunyai kebaikan alam tersendiri yang bermanfaat bagi tubuh, baik dalam segi kecantikan maupun kesehatan. Namun tidak sembarang bahan alami yang digunakan, kini terdapat kandungan dari bahan alami yang paling dicari-cari karena dianggap bisa membuat kulit tampak bercahaya dan sehat. Apakah itu? Mari berkenalan dengan kandungan yang bernama adaptogen berikut ini.

Mengenal Adaptogen untuk Kecantikan Kulit

Pengertian Adaptogen

Walaupun telah digunakan selama ratusan tahun dalam pengobatan tradisional Ayurveda dan Tiongkok, kini istilah adaptogen baru mulai ramai dibicarakan di kalangan umum. Lalu, apa itu adaptogen? Adaptogen merupakan suatu zat alami atau kandungan yang bersifat detoksifikasi bagi tubuh dari stres atau kelelahan. Karena dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh, oleh sebab itu kandungan ini disebut dengan adaptogen.

Seorang ahli dermatologi holistik asal New York mengatakan bahwa cara kerja adaptogen seperti ginseng. Ginseng dibutuhkan oleh beberapa orang untuk mencegah kondisi tubuh saat menurun, namun adapun yang membutuhkannya membutuhkan sesuatu untuk membuat mereka bisa terlelap dan saat kelebihan energi.

Pada tahun 1947 oleh seorang farmakologis asal Soviet bernama N.V. Lazarev, istilah adaptogen sendiri diciptakan. Menurut Lazarev, adaptogen tidak hanya berefek menangkal stres, namun juga memiliki efek bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan jika digunakan dalam jangka panjang tidak beracun.

Manfaat Adaptogen Untuk Kecantikan Kulit

Menurut seorang dokter mengatakan bahwa kandungan adaptogen sangat baik untuk mengatasi iritasi dan ruam pada kulit karena dapat mendetoksifikasi tubuh, sehingga dalam adaptogen memiliki sifat anti-inflamasi dan memperlambat kerusakan kortison. Selain itu, adaptogen juga memiliki sifat anti-aging dan bisa memperlambat munculnya tampilan tanda-tanda penuaan pada kulit. Berikut ini beberapa bahan alami yang mengandung adaptogen yang bermanfaat bagi kulit, antara lain :

Ginseng Siberia : Sebagai bahan alami yang mengandung adaptogen, ginseng Siberia ini kaya akan antioksidan yang kuat sehingga bisa mencegah kerusakan pada kulit akibat radikal bebas dan melawan penuaan pada kulit.

Panax Ginseng : atau biasa disebut dengan ginseng merah, merupakan tanaman akar yang secara klinis terbukti mempunyai sifat anti-aging baik sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Goji Berry : tanaman herbal yang sudah populer sejak zaman Dinasti Tang. Tanaman herbal ini masih satu famili dari buah beri yang kaya akan antioksidan. Minyak dari biji goji berry juga bisa membantu penyembuhan luka, menstimulasi kolagen dan memperbaiki fungsi skin barrier.

Jamur Reishi : dalam beberapa tahun terakhir ini, bahan alami ini telah diformulasikan dalam berbagai produk skin care untuk melindungi, menghaluskan, dan mendetoksifikasi kulit karena telah terbukti bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-alergi.

Passion Flower : bahan herbal yang satu ini telah digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad untuk perawatan kulit karena sifat menenangkannya, bersifat anti-bakteri untuk penyembuhan luka, dan bisa  mencegah timbulnya kerutan serta garis-garis halus pada kulit.

Anda dapat mencari produk-produk skin care dengan kandungan adaptogen atau mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen apabila tertarik ingin mendapatkan manfaat dari adaptogen. Kini sudah banyak beberapa produk skin care dengan kandungan adaptogen dalam bentuk konsentrat cair seperti serum dan Anda bisa mengaplikasikannya secara topikal. Walaupun dalam perawatan kulit sebagian besar adaptogen sangat aman saat digunakan, pastikan untuk tetap membaca label produk dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *